Rabu, 24 Februari 2010

Abu Dawut

A. Pendahuluan
Dalam pendahuluan ini penulis memaparkan ada dua tokoh yang terkenal dan namanyapun mirib dan sama-sama menghasilkan karya tulis dalam sebuah kitab yaitu yang pertama adalah Abu Dawud Al-Tayalisi, beliau menulis kitab Al-Musnid, dan yang kedua adalah Abu Dawud Al-Sijistani yang nama lengkapnya Imam Al Hafidz Al Faqih Sulaiman bin Imron bin Al Asy`ats bin Ishaq bin Basyir bin Syidad bin Amr bin Imron atau disebut dengan Amir- Al Azdy As Sajistaany atau dipanggil Abu Dawud. Beliau mengarang kitab yang terkenal dengan nama sunan Abu Dawud, kali ini penulis mengajak pembaca untuk mempelajari kekitab sunan Abu Dawud dari biografi beliau, sejarah kitabnya, hasil karya-karya beliau, metode penulisan kitabnya dan tanggapan dari ulama yang menerima dengan positif dan ulama yang negative terhadap karya beliau, berikut penjelasannya.

B. Biografi Abu Dawud
Beliau bernama lengkap Imam Al Hafidz Al Faqih Sulaiman bin Imron bin Al Asy`ats bin Ishaq bin Basyir bin Syidad bin Amr bin Imron atau disebut dengan Amir- Al Azdy As Sajistaany sebutan nama panggilan yang popular adalah Abu Dawud Al-Sijistanni, beliau dilahirkan pada tahun 202 H/817M di kota Sajistaan, menurut kesepakatan referensi yang memuat biografi beliau, demikian juga didasarkan keterangan murid beliau yang bernama Abu Ubaid Al Ajury sebelum beliau wafat berkata: aku telah mendengar dari Abi Daud ,beliau berkata : Aku dilahirkan pada tahun 202 H / 817 M.
Perkembangan keilmuannya
Tidak didapatkan berita atau keterangan tentang masa kecil beliau kecuali keterangan bahwa keluarganya memiliki perhatian yang sangat besar dalam hadits-hadits Rasulullah shalallahu alaihi wasalam, dan ini sangat mempengaruhi perkembangan keilmuan beliau di masa depannya. Keluarga beliau adalah keluarga yang terdidik dalam kecintaan terhadap hadits-hadits Rasulullah shalallahu alaihi wasalam dan ilmu-ilmunya. Ayah beliau bernama Al Asy`ats bin Ishaq adalah seorang perawi hadits yang meriwayatkan hadits dari Hamad bin Zaid, dan demikian juga saudaranya Muhammad bin Al Asy`ats termasuk seorang yang menekuni dan menuntut hadits dan ilmu-ilmunya juga merupakan teman perjalanan beliau dalam menuntut hadits dari para ulama ahlil hadits.Beliau pertama kali mempelajari tentang Al-Qur’an dan kaidah Bahasa Arab sebelum menekuni Hadits setelah menekuninya maka berkembanglah ilmu Abu Daud dengan motivasi dan semangat yang tinggi serta kecintaan beliau sejak kecil terhadap ilmu-ilmu hadits, sehingga beliau mengadakan perjalanan (Rihlah) dalam mencari ilmu sebelum genap berusia 18 tahun. Beliau memulai perjalanannya ke Baghdad (Iraq) pada tahun 220 H/835M dan menemui kematian Imam Affan bin Muslim, sebagaimana yang beliau katakan : “Aku menyaksikan jenazahnya dan mensholatkannya” (Tarikh Al Baghdady 9/56). Walaupun sebelumnya beliau telah pergi ke negeri-negeri tetangga Sajistaan, seperti khurasan, Baghlan, Harron, Roi dan Naisabur.

Riwayat Perjalanan Mencari Ilmu
1. Tahun 221H/836M beliau datang ke Kufah dan mengambil hadits dari Al Hafidz Al Hasan bin Robi` Al Bajaly dan Al Hafidz Ahmad bin Abdillah bin Yunus Al Yarbu`iy (mereka berdua termasuk dalam guru-gurunya Imam Muslim).
2. Sebelumnya beliau berkelana ke makkah dan meriwayatkan hadits dari Abdulloh bin Maslamah Al Qo`naby (Wafat tahun 221 H/836M).
3. Di Damaskus mengambil hadits dari Ishaq bin Ibrohim Al Faradisy dan Hisyam bin Ammaar.
4. Tahun 224 H/839M pergi ke Himshi dan mengambil hadits dari Imam Hayawah bin Syuraih Al Himshy.
5. Mengambil hadits dari Ibnu Ja`far An Nafiry di Harron
6. Di Halab mengambil hadits dari Abu Taubah Robi` bin Nafi` Al Halab
7. Di Mesir mengambil hadits dari Ahmad bin Sholeh Ath Thobary, kemudian beliau tidak berhenti mencari ilmu di negeri-negeri tersebut bahkan sering sekali bepergian ke Baghdad untuk menemui Imam Ahmad bin Hambal disana dan menerima serta menimba ilmu darinya.Walaupun demikian beliaupun mendengar dan menerima ilmu dari ulama-ulama Bashroh, seperti: Abu Salamah At Tabudzaky, Abul Walid Ath Thoyalisy dan yang lain-lainnya. Karena itulah beliau menjadi seorang imam ahlil hadits yang terkenal banyak berkelana dalam mencari ilmu.
Guru-Guru Beliau.
Guru-guru beliau sangat banyak, karena beliau menuntut ilmu sejak kecil dan sering bepergian kepenjuru negeri-negeri dalam menuntut ilmu, sampai-sampai Abu Ali Al Ghosaany mengarang sebuah buku yang menyebut nama-nama guru beliau dan sampai mencapai 300 orang, demikian juga Imam Al Mizy menyebut dalam kitabnya Tahdzibul Kamal 177 guru beliau.
Dan diantara mereka yang cukup terkenal adalah :
1. Imam Ahmad bin Hambal, Ishaq bin Ibrohim bin Rahuyah.
2. Ali bin Al Madiny
3. Yahya bin Ma`in,
4. Abu Bakr ibnu Abi Syaibah
5. Muhammad bin Yahya Adz Dzuhly
6. Abu Taubah Robi` bin Nafi` Al Halaby
7. Abdulloh bin Maslamah Al Qo`naby
8. Abu Khoitsamah Zuhair bin Harb
9. Ahmad bin Sholeh Al Mishry
10. Hayuwah bin syuraih
11. Abu Mu`awiyah Muhammad bin Hazim Adh Dhorir
12. Abu Robi` Sulaiman bin Daud Az Zahrony
13. Qutaibah bin Sa`di bin Jamil Al Baghlany
(LihatTahdzibul Kamal 11/358-359).
Murid-Murid Beliau.
Demikian pula murid-murid beliau cukup banyak penulis hannya melampirkan beberapa saja diantaranya yaitu:
1. Abu `Isa At Tirmidzy, An Nasa`i
2. Abu Ubaid Al Ajury
3. Abu Thoyib Ahmad Ibrohim Al Baghdady (Perawi sunan Abi Daud dari beliau)
4. Abu `Amr Ahmad bin Ali Al Bashry (perawi kitab sunan dari beliau)
5. Abu Bakr Ahmad bin Muhammad Al Khollal Al Faqih
6. Isma`il bin Muhammad Ash Shofar
7. Abu Bakr bin Abi Daud (anak beliau)
8. Zakariya bin Yahya As Saajy
9. Abu Bakr Ibnu Abi Dunya
10. Ahmad bin Sulaiman An Najjar (perawi kitab Nasikh wal Mansukh dari beliau)
11. Ali bin Hasan bin Al `Abd Al Anshory (perawi sunsn dari beliau)
12. Muhammad bin Bakr bin Daasah At Tammaar (perawi sunan dari beliau)
13. Abu `Ali Muhammad bin Ahmad Al Lu`lu`y (perawi sunan dari beliau)
14. Muhammad bin Ahmad bin Ya`qub Al Matutsy Al Bashry (perawi kitab Al Qadar dari beliau).
(lihat Siyar A`lam An Nubala` 13/206 dan Tahdzibul Kamal 11/360).
Beliau adalah imam dari imam-imam Ahlisunnah wal jamaah yang hidup di Bashroh kota berkembangnya kelompok Qadariyah, demikian juga berkembang disana pemikiran Khowarij, Mu`tazilah, Murji`ah dan Syi`ah Rafidhoh serta Jahmiyah dan lain-lainnya, tetapi walaupun demikian beliau tetap dalam keistiqomahan diatas Sunnah dan beliaupun membantah Qadariyah dengan kitabnya Al Qadar, demikian pula bantahan beliau atas Khowarij dalam kitabnya Akhbar Al Khawarij, dan juga membantah terhadap pemahaman yang menyimpang dari kemurnian ajaran islam yang telah disampaikan olah Rasulullah shalallahu alaihi wasalam. Maka tentang hal itu bisa dilihat pada kitabnya As Sunan yang terdapat padanya bantahan-bantahan beliau terhadap Jahmiyah, Murji`ah dan Mu`tazilah.
Beliau wafat dikota Bashroh tanggal 16 Syawal 275 H (20 Februari 889) dan disholatkan janazahnya oleh Abbas bin Abdul Wahid Al Haasyimy.
C. Kitab-kitab Abu Dawud
Abu Dawud dalam menyusun kitabnya berdasarkan tertib bab Fiqh dan didalamnya hanya hadits-hadits yang berkaitan tentang hukum atau sunnah-sunnah yang berkenaan dengan hukum. Beliau menulis hadits sebanyak 500 ribu hadits dan hadits tersebut dipilih atau diambil sebanyak 4.800 hadits yang dimasukkan dalam kitab sunnannya. Adapun semua hadits yang beliau ulang-ulang berjumlah 5.274 hadits. Karya-karya beliau ada 20 kitab yang paling terkenal adalah kitab As-Sunan yang dijadikan rujukan para ulama kitab tersebut selesai disusun pada tahun 275 H juga dijadikan oleh beliau sebagai rujukan dalam mengajar hadits di Baghdad. Adapun perkataan beliau dalam kitab Sunannya adalah “saya menyebutkan dalam kitab ini hadits yang shoheh, yang menyerupainya (hadits shoheh) dan yang palindekat kepadanya ( hadits shoheh). Segala haits yang terdapat padanya kelemahan yang sangat maka saya meneterangkan”. Juga beliau berkata: “Tidak ada dalam kitab Sunan yang aku susun ini yang diambil dari orang yang matruk. Apabila ada didalamnya haits yang munkar, nicaya aku menerangkanya bahwa hadits tersebut munkar dan didalam bab itu tidak ada hadits yang selain dari padanya”. Guru beliau yang bernama Ahmad bin Hambahal dan Ibrahim Al-Harabi seorang ulama hadits menyatakan kitab sunan Abu Dawud adalah “kitab ini bagus dijadikan rujukan dalam membahas hadits” sedangkan Ibrahim berkata “Hadits telah dilunakkan oleh Abu dawud sebagai mana Nabi Dawud bias melunakkan besi”. Selama 20 tahun kurang lebih beliau berhasil menghasilkan karya tulis atau kitab yang penulisannya dikta Tarsus yang berada di basrah, adapun karya beliau adalah
1. Al-Marasil
2. Masa’il Al-Imam Ahmad
3. Al-Nasikh Wa Al-Mansukh
4. Risalah Fi Washf Kitab Al-Sunan
5. Ai-Zuhd
6. Ijabt’an Sawalat Al-‘Ajurri
7. As’ilah’an Ahmad bin Hambal
8. Tasmiyat Al-Akhwan
9. Kaul Qadr
10. Al-Ba’ats wa Al-Nusyur
11. Al-Masa’il allati Halafah ‘Alaih Al-Imam Ahmad
12. Dala’il Al-Nubuwat
13. Fadhail Al-Anshar
14. Musnad Malik
15. Al-Du’a
16. Ibtida’ wa Al-Wahyi
17. Al-tafarrud fi Al-Sunnah
18. Akhbar Al-Kahawarij
19. A’lam An-Nubuwat
20. Sunan Abu Dawud
Menurut riwayat Abu Ali bin Ahmad bin ‘Amr al-Lu’lu’I Al- Basri bahwa Dari karya beliau diatas karyanya yang paling popular adalah kitab Sunan Abu Dawud, ktab tersebut selesai ditulis pada tahun 275 H. Dengan adanya hasil karya beliau maka mengangkat keberadaan Sunan Abu Dawud kedalam kategori “Kutub Al-A’immah Al-Sittah” setelah Imam Bukhari dan Imam Tirmidzi.

1. Metode Penyusunan kitab Sunan Abu Dawud
Seperti yang telah penulis singgung diatas bahwa kitab sunan beliau menurut para ahli hadits adalah ktab yang penyusunannya berdasarkan bab-bab fiqh seperti, thaharah, sholat, zakat, puasa dan sebagainya dan dalam kitab ini berisikan hadits-hadits yang marf’u, tidak memberikan hadits yang mauquf atau maqtu’ ataupun munkar.
Metode yang dipakai oleh beliau adalah dengan mengumpulkan hadits-hadits yang berkaitan dengan hokum berbeda dengan metode yang dipakai oleh ulama-ulama sebelumnya contoh Imam Ahmad bin Hambal kitab Musnid, Imam Bukhori serta Muslim dalam menyusun kitabnya masing-masing hannya membatasi pada hadits-hadits yang shoheh saja. Adapun dalam menyusun kitab beliau memaparkan dua hadits atau empat buah hadits saja dalam setiap babnya walaupun masih ada hadits shoheh yang lainnya, dan menurut beliau itu sudah cukup sebagai pegangan hidup. Seperti contoh hadits pertama tentang niat, kedua tentang ajaran islam yang mendorong orang untuk melakukan suatu perbuatan yang membawa manfaat didunia dan akhirat, yang ketiga tentang menata moral manusia atau orang lain yang jauh dari sifat sombong, egois, iri, dengki dan lain-lain, dan yang terakhir hadits tentang halal dan haram.
2. Sitematika Penyusunan Kitab Sunan Abu Dawud
Adapun system penyusunannya seperti yang sudah penulis paparkan bahwa penyusunan berdasarkan urutan bab-bab dalam Fiqh yang tujuannya lebih memudahkan bagi pembaca dalam mencari hadits yang dikehendaki atua bab yang mau diambil, adapun urutan dalam penulisannhya sebagai berikut:



NO NAMA KITAB JUMLAH
1 Kitab Al-Thaharah 143 390
2 Kitab Al-Sholat 367 1165
3 Kitab Al-Zakat 47 145
4 Kitab Al-Luqatah - 20
5 Kitab Al-Manasik 98 325
6 Kitab Al-Nikah 50 129
7 Kitab Al-Talaq 50 138
8 Kitab Al-Saum 81 164
9 Kitab Al-Jihad 182 311
10 Kitab Dahaya 20 56
11 Kitab Al-Said 4 18
12 Kitab Al-Wasaya 17 23
13 Kitab Al-Fara’id 17 43
14 Kitab Al-Kharaj Wa Al-Imarah 40 161
15 Kitab Al-janaiz 84 153
16 Kitab Al-Aiman wa Al-Nuzur 32 84
17 Kitab Al-Buyu’ wa Al-Ijarah 92 245
18 Kitab Al-Aqdiyah 30 70
19 Kitab Al-‘IIm 13 28
20 Kitab Al-Asyribah 22 67
21 Kitab Al-At’imah 55 119
22 Kitab Al-Tib 24 71
23 Kitab Al-‘Atqu 15 43
24 Kitab Al-Huruf wa Al-Qira’ - 40
25 Kitab Al-Hammam 3 11
26 Kitab Al-Libas 47 139
27 Kitab Al-Tarajjul 21 55
28 Kitab Al-Khatam 8 26
29 Kitab Al-Fitan 7 39
30 Kitab Al-Mahdi - 12
31 Kitab Al-malahim 18 60
32 Kitab Al-Hudud 40 143
33 Kitab Al-Diyat 32 102
34 Kitab Al-Sunnah 32 177
35 Kitab Al-Adab 108 502

Dari data diatas nampak jelas bahwa karya beliau hanyalah berisikan kumpulan hadits-hadits tentang hukum, menjadikan kitab-ktab beliau berbeda dengan ulama yang sebelumnya dalam menyusun kitab yang berdasrkan pengambilan hadits dari Nabi SAW. Abu Dawud dalam memberikan penjelasan mengenai kitab sunannya secara garis besar beliau membagi hadits kedalam lima bagian yaitu:
1. Shohih lidzatihi artinya hadits tersebut diriwayatkan oleh rowi yang adil, kuat ingatannya (dhobit), sanadnya bersambung, tidak cacat (berillat) dan tidak janggal.
2. Shoheh ligairihi artinya hadits yang kulitasnya hasan tetapi diangkat oleh hadits yang sama tapi kedudukannya shoheh sehingga hadits tersebut naik menjadi shoheh ligairihi (menyerupai hadits shoheh).
3. Hasan lizatihi artinya hadits yang sanadnya bersambung, penukilnya adil tapi ingatanya terhadp hadits tidak terlalu kuat, dan jauh dari illat atau penyakit, atinya hasan lizatihi itu hadits hasan dengan sendirinya, sedangkan hasan ligairihi adalah hadits yang terangkat oleh hadits lain yang kualitasnya hasan lizatihi.
4. Hadits do’if atinya hadits yang tidak terpenuhinya syarat-syarat hadits shoheh ataupun hasan.

D. Pendapat dan Kritik Para Ulama Terhadap Kitab Sunan Abu Dawud
Adapun opini ulama yang positif terhadap kitap Sunan Abu Dawud yaitu:
1. Al-khattabi berkata: “ketahuilah, Kitab Sunan Dawud adalah sebuah kitab yang mulia yang belum pernah disusun sebuah kitab yang menerangkan hadits-hadits hukum seperti ini”.
2. Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah berpendapat: “Kitab Sunan Abu Dawud memiliki kedudukan tinggi dalam dunia Islam dan pemberi keputusan bagi perselisihan pendapat.
3. Ibn Al-‘Arabi, mengatakan: “Apabila seseorang telah memiliki kitabullah dan kitab Sunan Abu Dawud, maka tidak lagi memerlukan kitab lain”.
4. Imam Al-Gazali berkata: “Kitab Sunan Abu Dawud Sudah bagi Para Mujtahid untuk mengetahui hadits-hadits hokum”.
Opini ulama yang mengkritik terhadap kitab Sunan Abu Dawud adalah:
Ibn Al-Jauzi seorang ulama hadits yang terkenal dengan bermadzhab Hambali yang mengkritik kitab Sunan bahwa Al-Jauzi menemukan hadits-hadits Maudhu’ (palsul) dalam kitab Sunan Abu Dawud berjumlah 9 hadits, tetapi oleh Jamaludin Al-Suyuti dalam kitabnya Al-La’ali Al-masnu’ah fi Ahadits Al-Maudu’ah dan Ali bin Muhammad bin Iraq Al-Kunani dalam kitabnya Tarjih Al-Syari’ah Al-maudu’ah dibalikkan kritikan itu dan dijelaskan kembali hadits yang dikritik oleh Jauzi.
E. Syarah Sunan Abu Dawud
Kitab Syarah adalah kitab yang menerangkan dan menafsirkan kitab sunan Abu dawud, adapun kitab-kitabnya sebagai berikut:
1. Ma’alim Al-Sunan adalah kitab syarah yang membahas tentang masalah bahasa, meneliti riwayah, adab dan membahas masalah hukum. Kitab ini ditulis oleh Imam Abu Sulaiman Ahmad bin Ibrahim bin Khattab Al-Bisti Al-khattabi (w. 388 H).
2. ‘Aun Al-Ma’bul Syarah Sunan Abu dawud adalah kitab ini menjelaskan tentang kata-kata sulit, menguatkan hadits yang satu dengan yang lainnya secara ringkas, dan menjelaskan masalah dalil yang dipilih oleh imam Mazhab-mazhab secara detail atau menyeluruh. Kitab ini ditulis oleh Syekh Syafaratul Haq Muhammad Asyraf bin Ali Haidar Al-Siddiqi Al-Azim Abadi (abad 14 H).
3. Mukhtasar sunan Abu Dawud ialah kitab yang menunjukkan kelemahan sebagian hadits kitab ini ditulis oleh Al-Hafid Abdul Azhim bin Abdul Qawi Al-Munziri (W. 656).
4. Al-Manhal Al-Azbu Al-Murud adalah kitab yang membahas tentang nama perowi, menjelaskan kata sulit, mengali masalah hokum dan adab tetapi tidak selesai kitabnya ditulis beliau wafat, kitab ini ditulis oleh Al-Subki.

F. Kesimpulan
Abu Dawud adalah seorang ulama hadits yang lebih memusatkan dan menghabiskan hidupnya untuk mempelajari ilmu hadits, sehingga dapat menghasilkan 12 buah kitab. Yang terkenal yaitu kitab Sunan Abu Dawud yang dijadikan oleh beliau sebagai kitab referensi dalam mengajarkan tentang hadits terutama di baghdad, juga oleh para ulama menjadikan kitab beliau sebagai kitab rujukan dan menjadi hakim antara ulama dengan para fuqaha’ yang berlaianan mazhab serta dijadikan pedoman atau pegangan ulama’ Irak, Mesir, Maroko.
Juga kitab sunan Abu Dawud lebih memusatkan pada hadits-hadits yang berkaitan tentang hukum dan susunan kitabnya berdasarkan bab-bab fiqh, yang bertujuan untuk memudahkan dalam mencari hadits yang berkaitan dengan maslah tertentu, disamping juga dalam kitab beliau sudah dalam bab-bab secara sistematis. Begitu banyak karya beliau dalam menulis sebuah kitab demi untuk kejayaan Islam.
G. Referensi
- Subhi As-Sholeh, Membahas Imu-Ilmu Hadits, Pustaka Firdaus. 2007
- Nurkholis, membahas Kitab Hadits, UAD. 2002
- Dosen Tafsir Hadits Fakultas Usuluddin IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Studi Kitab Hadits, Teras. 2003.
- Hasbi Ash Shiddiqy, Pokok-pokok Ilmu Dirayah Hadits, Bulan Bintang. 1958.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar